KAJIAN DESAIN BRANDING LIQUID PARADEWA
Nama Kelompok : CELESTIAL
Bidang kajian : Desain Branding
Penelitian Analisis Brand
Liquid dari Influencer Qorygore.
a.
Paradewa
Paradewa
adalah nama dari sebuh brand liquid vape yang di miliki oleh seorang influencer
cukup senior yaitu QoryGore. Ia tidak hanya sendiri dalam pembuatan brand
liquid ini, QoryGore ber kolaborasi Bersama RCraft Indonesia. Rcraft adalah
produsen liquid indonesia yang memiliki kebebasan berekspresi melalui ide ide
unik dan kepuasan.
Sejauh
ini liquid paradewa sudah memiliki 3 varian rasa yaitu, apel zeus, mangga hera,
dan choco loki.
b.
QoryGore
Muhammad
qory atau yang dikenal sebagai QoryGore merupakan seorang youtuber dan rapper
yang berasal dari bogor.
QoryGore
mengawali kariernya sebagai drummer di beberapa band sebelum terjun sebagai
youtuber. QoryGore sempat juga merilis album pertamanya yang berjudul P.I.L.
dan seperti yang kita tau QoryGore mencoba untuk masuk ke dunia per liquid an
indonesia yaitu dengan membuat atau merilis liquid yang bernama Liquid
ParaDewa.
c.
Logo
Logo liquid
paradewa sendiri dibuat secara berbeda beda sesuai rasa. Contoh salah satu nya
yaitu varian rasa “apple zeus” untuk varian ini liquid paradewa membuat logo
sesuai nama nya yaitu zeus.
d.
Pendekatan Semiotika
Semiotika
adalah studi tentang makna keputusan. Ini termasuk studi tentang tanda tanda
dan proses tanda (semiosis), indikasi, penunjukan, kemiripan, analog, metafora,
simbolisme, makna dan komunikasi.
Semiotika
berkaitan erat dengan bidang linguistik, yang untuk sebagian, mempelajari
struktur dan makna bahsa yang lebih spesifik. Namun, berbedadari linguistic,
semiotika juga mempelajari system-sistem tanda non linguistik.
Semiotika
sering di bagi menjadi tiga cabang :
- Semantic
: hubungan antara tanda dan hal hal yang mereka lihat ; denotata mereka atau
makna.
- Sintaksis
: hubungan antara tanda tanda dalam structural formal.
- Pragmatic
: hubungan antara tanda dan tanda menggunakan agen.
e.
Menganalisis branding paradewa menggunakan
semiotika
- Mendefinisikan
objek analisis
Mendefinisikan bagaimana brand liquid paradewa
bisa di produksi dengan landasan teori yang relevan dengan tema yang di angkat.
Liquid paradewa ini mengangkat tema dewa dewa Yunani.
- Mengumpulkan
teks atau gambar
Dengan menggunakan Teknik semiotika branding
paradewa ini jadi bisa dimengerti lebih mudah dengan menambahkan gambar atau
lukisan yang gunakan untuk inspirasi dari brand itu sendiri.
- Menjelaskan
teks atau gambar
Disini kita bisa menjelaskan gambar secara
lebih detail dan mengambil elemen elemen dari gambar tersebut untuk di jadikan
inspirasi branding paradewa.
- Menjelaskan
kode kode kultural
Di branding paradewa ini terdapat sentuhan
budaya jawa barat yang di implementasikan dengan nama nama varian dari liquid
paradewa.
f.
Rumusan masalah
- Apa
itu Liquid "PARADEWA" ?
- Siapa
itu Qorygore ?
- Apa
itu logo ?
- Apa
itu Pendekatan Semiotika ?
- Pentingnya
Menganalisis Branding Paradewa dikaji dengan semiotika
Komentar
Posting Komentar